Tentang Kami
Salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan adalah Pendidikan untuk Pembangungan yang Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) atau yang sering disingkat ESD. ESD memiliki kedudukan yang sangat penting dalam SDGs sebab ESD bukan hanya sebagai salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan, namun juga berperan untuk pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang lainnya.
Walaupun SDGs dan ESD sudah beberapa tahun dimunculkan, namun implementasi ESD di sekolah-sekolah di Indonesia masih terbatas.
Gerakan ESD Indonesia merupakan sebuah kelompok terbuka yang beranggotakan orang-orang yang peduli terhadap implementasi ESD di Indonesia. Keanggotaan dalam Gerakan ESD Indonesia bersifat terbuka dan tanpa ikatan. Penelitian dan project yang dilakukan merupakan hasil kolaborasi civitas akademik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA).
Siapapun yang memiliki komitmen untuk memperkenalkan dan mengimplementasikan ESD dipersilakan untuk bergabung.
Sebagai langkah konkret untuk memperkenalkan dan mendukung keberhasilan pelaksanaan ESD di Indonesia, Gerakan ESD Indonesia mengembangkan program pada empat tingkatan sasaran, yaitu masyarakat umum, sekolah, guru dan siswa.
Sosialisasi tentang pentingnya pembangunan berkelanjutan dan peran penting pendidikan
Memperkenalkan program-program yang dapat dilakukan sekolah sebagai bentuk kontribusi sekolah dalam pencapaian SDGs dan dalam rangka mendidik siswa agar memiliki gaya hidup yang berkelanjutan
Mengembangkan standar kompetensi guru ESD dan memberikan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya guna mengimplementasikan ESD.
Mengembangkan beragam strategi dan bahan belajar, serta kegiatan yang memfasilitasi siswa agar dapat memahami, tumbuh kesadaran dan pada akhirnya memiliki gaya hidup yang berkelanjutan
Apabila Anda berminat untuk bergabung dengan kami, jangan ragu untuk menghubungi kami.
Mari bergandeng tangan memajukan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan untuk negeri kita tercinta.
Profesor
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti
Peneliti