Pemahaman Perubahan Iklim Siswa Setelah Belajar Menggunakan Immersive Virtual Learning

09-09-2022
Immersive Virtual Learning merupakan pembelajaran yang dinilai bermakna bagi siswa untuk mempelajari konsep perubahan iklim yang kompleks karena banyaknya interaksi sistem yang terlibat di dalamnya, serta dianggap menjadi konsep yang cukup menantang bagi siswa. Diketahui masih banyak siswa yang memiliki pengetahuan terbatas mengenai perubahan iklim hingga diperlukannya metode pembelajaran yang dapat membantu mereka memahami konsep perubahan iklim dengan baik. Penelitian ini bertujuan melihat bagaimana pemahaman siswa setelah belajar menggunakan metode Immersive Virtual Learning, dan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Menggunakan desain Pre-Post Experiment Control Group Design dengan melibatkan 59 siswa yang dibagi ke dalam kelas eksperimen dan kontrol, menghasilkan data yang menunjukkan bahwa pemahaman siswa di kedua kelas mengalami perbedaan peningkatan yang signifikan, namun sangat kecil, meskipun kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa mengalami sedikit peningkatan setelah belajar menggunakan metode Immersive Virtual Learning.
Download