40 Days Challenge for Sustainability: SMPN 1 Cisaat

17-03-2023
esd

Per Maret 2023, pelaksanaan lomba 40 Days for Sustainability sedang berlangsung!

Pada tahap ini, sekolah-sekolah peserta lomba sedang melakukan implementasi gagasan kegiatan berkelanjutan. Salah satu dari puluhan peserta lomba tersebut adalah SMPN 1 Cisaat yang berlokasi di Jl. Raya Cisaat No. 243A Desa Sukamanah, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Prov. Jawa Barat. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah yang banyak peminatnya, terbukti dari besarnya animo dan minat pendaftar setiap tahunnya yang selalu melebihi daya tamping yang tersedia. Hal tersebut dapat terjadi karena semua warga sekolah, baik Kepala Sekolah, Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan semua komponen yang ada senantiasa mengutamakan pelayanan yang optimal demi berjalannya proses pendidikan yang berkualitas. Pada akhirnya, siswa-siswi yang dibina pun dapat meraih berbagai prestasi akademik dan non-akademik.


Lokasinya yang berada di jalan protokol dan berdekatan dengan berbagai pusat pemerintahan, bisnis, dan ekonomi menjadikan sekolah ini mudah untuk diakses sekaligus menghadirkan tantangan tersendiri untuk menjadikan sekolah tetap bersih, segar, dan rapi.

Untuk mencapai prestasi tersebut, maka disusunlah visi SMPN 1 Cisaat yaitu terwujudnya warga sekolah yang bertakwa, berakhlak mulia, cerdas, berprestasi, serta mampu bersaing di tingkat nasional. Misi yang dilakukan sekolah tersebut adalah:

  • Mengintegrasikan nilai-nilai akhlak mulia dalam proses pembelajaran yang religius.
  • Mengaktifkan budaya berliterasi yang berkesinambungan.
  • Meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan yang professional.
  • Mengoptimalkan pengelolaan sekolah yang sesuai dengan standar nasional Pendidikan.
  • Mengembangkan berbagai kecerdasan peserta didik baik akademik maupun non akademik yang mampu bersaing di tingkat nasional.

Perlombaan 40 Days Challenge for Sustainability merupakan salah satu ajang lomba yang diharapkan mampu memacu sekolah kami untuk menjadi sekolah perintis yang peduli terhadap pencegahan dari dampak perubahan iklim melalui aksi-aksi yang akan SMPN 1 Cisaat lakukan dalam 40 hari perlombaan. Aksi-aksi tersebut akan menjadi kebiasaan konstruktif kami menuju masa depan bumi yang lebih baik. Dalam mengikuti 40 Days Challenge, SMPN 1 Cisaat diwakili oleh 16 siswa yang dibimbing oleh 1 guru.

Itulah profil dari SMPN 1 Cisaat sebagai salah satu peserta lomba 40 Days Challenge for Sustainability yang diadakan ESD Indonesia. Penasaran dengan kegiatan apa yang diupayakan sekolah ini untuk menyelamatkan bumi dan mendukung Pendidikan dalam bingkai Pembangunan Berkelanjutan? Ikuti terus perkembangannya di media sosial ESD Indonesia, ya!


Penulis : Esa Difny N. Nusantari