Penutupan Acara Workshop Penerapan ESD Berorientasi Aksi pada Pembelajaran IPA

23-05-2024
esd

               Pada Hari Selasa, tanggal 21 Mei 2024 telah dilaksanakan acara penutupan workshop penerapan ESD berorientasi aksi pada pembelajaran IPA. Sebelum acara penutupan, pada pagi harinya sekitar pukul 08.00-12.00, para peserta melaksanakan post-test dengan mengisi sejumlah soal dan angket. Acara penutupan dimulai pada pukul 13.00 dengan agenda pembukaan, pemaparan kegiatan oleh pelaksana Eliyawati, M.Pd, sambutan kaprodi Pendidikan IPA Prof. Dr. Ida Kaniawati, M.Si, arahan Prof. Dr. Phil Ari Widodo, M.Ed., pengumuman pemenang workshop, apresiasi bagi para peserta, do’a dan tutup.


               “Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 09 Januari sampai 11 Mei 2024 berjalan dengan lancar. Ada tiga utama kegiatan dengan melibatkan 49 guru IPA wilayah sekitar Bandung. Pada kegiatan workshop juga dilaksanakan Lesson berjalan dengan lancar. Ada tiga utama kegiatan dengan melibatkan 49 guru IPA wilayah sekitar Bandung. Pada kegiatan workshop juga dilaksanakan Lesson Study di beberapa sekolah. Peserta yang dapat menyelesaikan tuntas sampai aksi ramah lingkungan berjumlah 34 guru IPA”, pemaparan oleh Eliyawati, M.Pd. Pada kesempatan ini, Kaprodi Prof Ida mengucapkan terimakasih kepada para peserta yang sudah antusias mengikuti pelatihan sampai tuntas dan memohon maaf apabila dalam proses pelatihan ada hal yang tidak berkenan dan masih banyak kekurangan. Beliau juga menyampaikan supaya ada luaran kegiatan workshop baik dalam bentuk buku atau artikel. Pada kegiatan selanjutnya, ada arahan dan bimbingan dari Prof Ari yang berpesan kepada peserta untuk terus melaksanakan aksi dan mengembangkannya. Beliau berpesan, "Jagalah bumi ini dengan baik dan perbanyak sedekah oksigen untuk bumi kita. Siapa lagi yang dapat menjaga bumi ini kalau bukan kita terutama dalam upaya mitigasi dari penyebab perubahan iklim".

               Pada keada kegiatan penutupan workshop ini, diumumkan 5 guru terbaik dalam melaksanakan workshop ini yaitu Rogis Maulana, S.Pd. Gr. (SMPN 17 Bandung), Jhon Henry, S.Pd. (SMPN 57 Bandung), Wahyu Fadzilla Nirbayati, S.Pd., M.Si.(SMPN 5 Bandung), Dyah Relawanti, S.Pd.Si (SMPN 5 Padalarang), dan Dine Nurdian, S.Si.,M.Pd (SMPN 3 Soreang). Total hadiah yang diberikan kepada para juara adalah sebanyak Rp. 15.000.000,-. Kami dari panitia mengucapkan selamat kepada para pemenang dan mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan pemberian piala dan piagam penghargaan.


               Pada bagian akhir acara telah dilaksanakan pemberian penghargaan kepada para peserta dalam bentuk piala dan sertifikat. Para peserta juga telah mendapatkan uang penggantian internet karena selama ini ada kalanya kegiatan dilaksanakan secara daring. Terakhir, kami dari panitia sangat bangga dan mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan kontribusi para peserta. Semoga ilmu yang didapatkan berkah dan bermanfaat dan kami tunggu partisipasinya di lain kesempatan.

Penulis : Eliyawati, M.Pd