Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Fasilitator 40 Days Challenge for Sustainability 2024

20-10-2024
esd
Menjelang agenda tahunan ESD Indonesia dalam mempersiapkan generasi muda yang peduli terhadap isu perubahan iklim, telah dilaksanakan kegiatan pelatihan fasilitator pada tanggal 17 Oktober 2024 yang diikuti oleh 35 orang volunteer. Kegiatan tersebut merupakan bagian penting dalam rangkaian kegiatan 40 Days Challenge for Sustainability tahun 2024. Nantinya, fasilitator akan mendampingi sebanyak 53 sekolah peserta lomba.

Pelatihan berfokus untuk mengarahkan dan membekali fasilitator beberapa pengetahuan dasar serta tata cara mendampingi peserta kegiatan dengan menciptakan lingkungan yang memungkinkan siswa dan guru untuk berpartisipasi aktif mencari solusi terhadap tantangan perubahan iklim. Lebih lanjut, fasilitator akan memastikan proyek yang dikembangkan dan direncanakan peserta sesuai dengan tema dan tetap dalam jalurnya, menjadi jembatan komunikasi antara peserta dengan panitia, menjadi pemantik dan penjaga motivasi, serta mengukur dan menilai kemajuan yang telah tercapai dalam proyek peserta.

Terdapat beberapa aspek penting yang disampaikan dalam pelatihan fasilitator, yakni:
1. Pengantar; mengenal lomba 40 Days Challenge for Sustainability
2. Pembelajaran Berorientasi Masa Depan; Teknik forecasting, scenario, dan backcasting
3. ⁠Kompetensi ESD; Berpikir masa depan dan strategis
4. ⁠Memfasilitasi kegiatan proyek
5. ⁠Evaluasi dan Refleksi 

Kegiatan pelatihan fasilitator diikuti oleh seluruh volunteer dan berjalan dengan lancar. Semoga pelatihan ini dapat menjadi awal yang baik dan melahirkan fasilitator-fasilitator berkomitmen yang berhasil mendampingi peserta lomba dengan baik.

Penulis: Adienda
Editor: Pohaci