40 Days Challenge for Sustainability: MAN 1 Garut

17-03-2023
esd

Per Maret 2023, pelaksanaan lomba 40 Days Challenge for Sustainability sedang berlangsung!

Para peserta saat ini mulai melakukan rencana dan gagasan yang telah dibuat sebelumnya. Selama pelaksanaan, peserta tetap dipantau dan dinilai oleh panitia dan juri selama empat puluh hari sejak pembukaan acara. Dari puluhan peserta, MAN 1 Garut menjadi salah satu peserta lomba 40 Days Challenge for Sustainability. Sebanyak 10 peserta perwakilan sekolah dibimbing oleh seorang guru pembimbing merencanakan dan melakukan program berkelanjutan. Yuk, kenalan lebih jauh dengan mereka!


Sekolah yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Koropeak Karangpawitan Garut, Jawa Barat itu merupakan alih fungsi dari Sekolah Persiapan IAIN Sunan Gunung Djati Bandung. MAN 1 Garut merupakan salah saru dari tiga MAN rintisan Pendirian Program Pendidikan Keterampilan di Indonesia yang dimulai pada tahun 1988 melalui bantuan UNDP/UNESCO Project INS/85/036. Saat ini, MAN 1 Garut membina kurang lebih 1034 siswa dan 95 orang karyawan.

Sekolah yang memiliki luas wilayah kurang lebih 1,5 hektar sehingga memiliki lingkungan belajar yang presentatif. Dengan kelengkapan sarana yang dimiliki dan banyaknya ekstrakulikuler membuat aktifitas di sekolah menjadi padat setiap harinya. Melalui kegiatan 40 Days Challenge for Sustainability yang diinisiasi ESD Indonesia diharapkan sekolah bisa menjadi lebih bersih, nyaman, dan asri sehingga siswa bisa lebih semangat dan proses pembelajaran bisa terlaksana dengan lebih maksimal.

Itulah profil dari MAN 1 Garut sebagai salah satu peserta lomba 40 Days Challenge for Sustainability yang diadakan ESD Indonesia. Penasaran dengan kegiatan apa yang diupayakan sekolah ini untuk menyelamatkan bumi dan mendukung Pendidikan dalam bingkai Pembangunan Berkelanjutan? Ikuti terus perkembangannya di media sosial ESD Indonesia, ya!

 

Penulis: Esa Difny N. Nusantari