Pelatihan Penyusunan Rencana Pembelajaran Proyek STEM dalam Materi Perubahan Iklim pada Penerapan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Sekolah

07-08-2024
esd

Implementasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan atau Education for Sustainable Development (ESD) di sekolah memiliki kesesuaian dengan system pembelajaran yang diterapkan di Indonesia saat ini yaitu Kurikulum Merdeka Belajar. Peserta didik mendapatkan kesempatan untuk belajar secara kreatif melalui penyusunan proyek terkait materi tertentu, khususnya dalam bidang sains. Guru sebagai fasilitator pembelajaran di kelas tentunya juga diharapkan memiliki keterampilan dalam merancang suasana kelas serta proyek yang relevan dengan materi ajar. Hal ini menjadi alasan utama bagi Tim Rumpun Bidang Keilmuan (RBK) Teori dan Inovasi Pembelajaran Fisika FMIPA Universitas Negeri Surabaya untuk melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) bagi guru dengan tujuan memberikan pelatihan dalam penyusunan rencana pembelajaran proyek yang mendukung ESD.

Tim PKM melaksanakan kegiatan pelatihan bertempat di SMA N 1 Nganjuk dengan peserta dari MGMP Fisika Kabupaten Nganjuk sejumlah 62 orang guru. Pemateri yang hadir dalam kegiatan PKM, yaitu Nurita Apridiana Lestari, M.Pd., Prof. Dr. Budi Jatmiko, M.Pd., Dr. Eko Hariyono, M.Pd., Dr. Dwikoranto, M.Pd., dan Dr. Binar Kurnia Prahani, M.Pd. Materi yang disampaikan dalam kegiatan PKM meliputi Pembelajaran berbasis Proyek STEM/STEAM dan Pembelajaran Perubahan Iklim untuk Pembangunan Berkelanjutan.


Gambar Dr. Eko Hariyono, M.Pd. menyampaikan materi terkait Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains (Fisika) berbasis Proyek dalam Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan

Tim Pemateri juga Menyusun Buku berjudul STEAM pada Pembelajaran Fisika dan Pembangunan Berkelanjutan untuk dibagikan dibagikan kepada peserta sebagai referensi bacaan. Buku yang ditulis berisi tentang konsep STEM-STEAM, ESD, Contoh Proyek serta Contoh Rencana Pembelajaran.


Gambar Produk Buku yang disusun oleh Tim Pelaksana

Pelaksanaan kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar ditunjukkan dengan antusiasme yang tinggi dari peserta. Selain pemberian materi, peserta juga diminta untuk membuat desain rancangan proyek yang pernah atau akan diajarkan dalam kelas fisika disertai dengan keterangan aspek Science, Technology, Engineering, Art, dan Mathematics (STEAM). Contoh proyek “Mini Air Cooler” yang digambarkan oleh peserta sebagai berikut. 

Gambar Desain “Mini Air Cooler” untuk Mengatasi Masalah Perubahan Iklim khususnya Pemanasan Global.