40 Days Challenge for Sustainability: SMP Al Muslim Waru, Siduarjo

15-03-2023
esd
Dari waktu ke waktu perubahan lingkungan saat ini mulai kita rasakan. Hal tersebut menandakan kondisi bumi saat ini tidak baik-baik saja. Penting bagi kita untuk mengambil action untuk merawat dan menjaga bumi. Para peserta dan guru pendamping dari SMP Al Muslim Waru mulai mengambil peran melalui 40 Days Challenge for Sustainability!

SMP Al Muslim Waru Sidoarjo merupakan satuan pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Al Muslim Jawa Timur. Sekolah yang berlokasi di Jl.Wadungasri No.39 F Waru ini memiliki jargon sebagai “Sekolah Sang Pempimpin” dengan visinya yakni mampu mengembangkan dan menghasilkan generasi muslim untuk menjadi khalifatul fil ardl yang rahmatal lil alamiiin. Untuk mencapai visi tersebut misi yang dikembangkan yakni mampu menyelenggarakan pendidikan yang komprehensif, berfokus pada potensi masing-masing siswa, serta mewujudkan siswa untuk menjadi pemimpin yang bertaqwa, mampu berperan dalam masyarakat global dengan peduli terhadap sesama manusia dan lingkungan. Dan secara spesifik terkait lingkungan di jenjang SMP tercantum pada misi ke 4 dan 5 yakni “Menumbuhkan pembiasaan terhadap pemeliharaan lingkungan sekitarnya dan membangun kesadaran tentang pentingnya penyelamatan kerusakan lingkungan”.
Dalam upaya mencapai visinya, sifat-sifat teladan kenabian yang dibentuk pada diri siswa adalah Tabligh, Shiddiq, Amanah, dan Fathanah. Sehingga profil pelajar muslim seperti Personal Excellent, Religious and Social, Living Health and Green, Critical and Creative Thinker, Managing and Collaboration, Communication dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai program unggulan juga telah dikembangkan yakni 1) Islamic Program meliputi Al Quran lesson, dimulai dari Al Quran, Tarjim, Tahfidz dan Worship Activity, kegiatan ibadah wajib dan sunah untuk meningkatkan ketaqwaan (Habluminallah); 2) Leadership sebagai kurikulum yang berorientasi pada kepemimpinan; 3) Green Education merupakan kurikulum yang berorientasi Education for Sustainable Development yang dapat menumbuh kembangkan fitrah manusia sebagai khalifatullah fil ardh yang rahmatan lil `alamin, berwawasan lingkungan baik lokal maupun global, peduli/ bertanggung jawab terhadap lingkungan, berpartisipasi dalam memecahkan masalah-masalah lingkungan, mampu mengelola potensi dan kearifan lokal secara sistematis, kreatif, & inovatif, serta mengaplikasikan & mengembangkan konsep green living untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs); dan 4) Learning (Approaches to Learning) merupakan berbagai pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran diantaranya Inquiry Discovery Learning, Collaborative Problem Learning, Blended Learning, STEAM (Science Tecnology Engineering Art and Mathematics) dan SETS (Science Environmental, Tecnology and Social).