Aktivitas Eksperimen Permukaan Air Laut

31-05-2022
esd
Menurut Sharma (2017), cara mengajar yang tepat untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang perubahan iklim adalah dengan aktivitas pembelajaran yang berpusat pada siswa dan siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Didukung oleh hasil penelitian Boaventura (2020) juga yang menyatakan bahwa siswa dapat lebih mudah memahami materi perubahan iklim melalui kegiatan yang berpusat pada siswa. Ia menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan eksperimen sains (Boaventura et al., 2020). Secara umum, kegiatan eksperimen dapat memberikan pengalaman positif bagi siswa dalam proses pembelajaran. Kegiatan eksperimen juga dapat menstimulus minat serta membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang suatu materi (Li & Wong, 2018). Di samping itu, kegiatan eksperimen dapat meningkatkan kesadaran siswa dalam perubahan iklim. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Cetin & Nisanci (2010), kegiatan eksperimen lebih efektif untuk meningkatkan kesadaran perubahan iklim pada sekelompok siswa. Ada dua aktivitas yang dapat digunakan, yaitu : How Melting Ice Causes Sea Level Rise dan Investigating the effect of heat on sea level.

How Melting Ice Causes Sea Level Rise

Aktivitas eksperimen ini membuktikan bahwa mencairnya bongkahan es yang ada di kutub dapat memengaruhi ketinggian permukaan air laut.

Alat dan Bahan :
  1. Wadah plastik bening (2 Buah)
  2. Plastisin ukuran 180 g (1 Bungkus)
  3. Cetakan es batu (1 Buah)
  4. Timbangan (1 Buah)
  5. Penggaris (1 Buah)
  6. Label (Secukupnya)
  7. Pensil (1 Buah)
  8. Stopwatch (1 Buah)
  9. Kamera (1 Buah)
  10. Air dingin (Secukupnya)
  11. Spidol permanen (1 Buah)

Langkah Kerja :

  1. Siapkan 2 buah wadah plastik bening yang sama besar.
  2. Masukkan plastisin ke dalam masing-masing wadah dengan jumlah yang sama. Letakkan plastisin hingga menutupi wadah dan tekan sampai permukannya mendatar.
  3. Tempatkan es batu dengan jumlah yang sama pada setiap wadah. Es batu pada wadah A (mengilustrasikan es di daratan) diletakkan di atas plastisin. Kemudian, es batu pada wadah B (mengilustrasikan es di lautan) diletakkan di daerah tanpa plastisin.
  4. Tuangkan air dingin ke setiap wadah. Pada wadah B, air yang dituang sama tinggi dengan tinggi plastisin. Sehingga tidak ada es yang berada di dasar wadah. Tinggi air pada wadah A harus sama dengan air pada wadah B.
  5. Hitung secara berkala tinggi air pada wadah A dan B setiap 5 menit sekali, lalu dokumentasikan dan catat pada poin D di tabel hasil pengamatan.

Investigating the Effect of Heat on Sea Level

Aktivitas eksperimen ini membuktikan bahwa peningkatan suhu bumi dapat meningkatkan ketinggian permukaan air laut.

Alat dan Bahan :
  1. Botol plastik bening ukuran 500 ml (1 Buah)
  2. Solder (1 Buah)
  3. Sedotan plastik bening (1 Buah)
  4. Penggaris (1 Buah)
  5. Air (Secukupnya)
  6. Pewarna makanan (1 Buah)
  7. Stopwatch (1 Buah)
  8. Kamera (1 Buah)

Langkah Kerja :

  1.  Siapkan botol plastik bening, kemudian tutup botol tersebut dilubangi menggunakan solder.
  2. Masukkan sedotan pada lubang tersebut, pastikan pinggir-pinggir lubang rapat.
  3. Campurkan air dengan pewarna makanan secukupnya.
  4. Isilah botol tersebut dengan campuran air dan pewarna makanan sampai memenuhi seluruh bagian botol.
  5. Tutuplah botol tersebut dengan hati-hati, pastikan tidak ada udara di dalam botol.
  6. Hitung secara berkala tinggi air pada sedotan setiap 10 menit sekali selama 30 menit, lalu catat hasilnya pada poin D di tabel hasil pengamatan.

Berikut dokumentasi saat melakukan eksperimen.

 

Ditulis oleh Asyelia Amanda Putri

Referensi :
  1. Boaventura, D., Faria, C., & Guilherme, E. (2020). Impact of an inquiry-based science activity about climate change on development of primary students’ investigation skills and conceptual knowledge. Interdisciplinary Journal of Environmental and Science Education, 16(4). https://doi.org/10.29333/ijese/8554
  2. Cetin, G., & Nisanci, S. H. (2010). Enhancing students’environmental awareness. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1830–1834. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.993
  3. Li, R., & Wong, T. (2018). Teaching them before we teach: The effectiveness of conducting classroom experiments before teaching the underlying theory. IAFOR Journal of Education, 6(3), 79–92. https://doi.org/10.22492/ije.6.3.05
  4. Sharma, R. (2017). Experiential Learning and Climate Change Education: Effect of Predict-Observe-Explain Strategy on Pre-Service Teachers’s Understanding of Sea Level Rise. Journal of Educational Studies, 32.