LOMBA PENANGGULANGAN PERUBAHAN IKLIM ANTAR SMP/MTs/SMA/MA/SMK SE-INDONESIA

17-09-2024
esd

Selamat datang di "40 Days Challenge for Sustainability: Menjelajah Masa Depan untuk Menciptakan Solusi Inovatif Penanggulangan Perubahan Iklim".

Setelah sukses dalam penyelenggaraan 40 Days Challenge for Sustainability pada tahun 2023, Gerakan ESD Indonesia bekerja sama dengan Prodi Pendidikan IPA FPMIPA UPI dan Prodi Pendidikan Sains FMIPA UNESA kembali menggelar kompetisi 40 Days Challenge for Sustainability pada tahun 2024 ini. Tujuan kompetisi ini untuk meningkatkan kesadaran dan aksi nyata siswa SMP dan SMA/SMK/sederajat di seluruh Indonesia dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

Peserta 40 Days Challenge for Sustainability 2023 sangat luar biasa dengan melibatkan 657 siswa dan 84 guru pembimbing dari 37 kota/kabupaten di 11 provinsi. Selain itu, sebanyak 53 sekolah yang berinisiatif dalam program ini menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap isu perubahan iklim.

Pada tahun ini, kami mengundang lebih banyak siswa dan guru untuk bergabung dalam lomba 40 Days Challenge for Sustainability tahun 2024. Kompetisi ini mengajak siswa untuk berpikir strategis dan berinovasi dalam menciptakan solusi penanggulangan perubahan iklim yang konkret dan berkelanjutan. Setiap peserta akan mendapatkan kesempatan untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif dan berkontribusi nyata dalam upaya mengurangi emisi karbon, pengelolaan sumber daya alam, mitigasi bencana, hingga adaptasi terhadap perubahan iklim.

Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran dan aksi nyata siswa SMP dan SMA/SMK/sederajat dalam menciptakan solusi inovatif penanggulangan perubahan iklim.

Sasaran/Target Peserta

Sasaran/target peserta dari kegiatan ini adalah:

  1. Guru se-Indonesia sebagai Pembimbing Lomba
  2. Siswa SMP dan SMA/SMK/sederajat se-Indonesia

Tahapan Kegiatan Lomba

Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

  1. Pendaftaran Peserta Lomba
  2. Pelatihan guru sebagai pembimbing lomba
    • Perlombaan dimulai dengan pelatihan bagi guru yang akan menjadi pembimbing grup lomba. Guru akan dilatih menggunakan teknik pembelajaran berorientasi masa depan dengan menggunakan teknik forecasting, skenario, dan backcasting untuk melatih keterampilan berpikir masa depan dan strategis kepada siswa. Luaran dari pelatihan ini adalah modul ajar siswa terkait proyek penanggulangan perubahan iklim. Guru dibimbing dalam menyusun modul ajar siswa untuk diimplementasikan di kelas. Proses pembelajaran di dalam kelas wajib didokumentasikan dalam bentuk video sebagai bagian tak terpisahkan dari kegiatan lomba.

  3. Pelaksanaan proyek 40 hari
    • Guru yang telah mendapatkan pelatihan akan membimbing siswa dan membentuk tim untuk melaksanakan proyek 40 hari yang akan diikutsertakan dalam lomba.
        1. Setiap tim menyusun gagasan inovatif sesuai dengan tema lomba. Gagasan yang dikemukakan harus memiliki tujuan yang ingin dicapai berorientasi ke masa depan, menunjukkan kebaruan ide, kebermanfaatan, keterlibatan berbagai pihak, dan keberlanjutan. Gagasan disampaikan dalam dua bentuk, yaitu:
          • Video Presentasi (Durasi Maksimal 5 Menit) berisi perkenalan diri, gagasan, dan rencana aksi.
          • Ringkasan gagasan (Executive Summary) dengan ketentuan:
            1. diketik dalam satu lembar kertas ukuran A4 berupa ringkasan gagasan dan rencana aksi yang dilengkapi lini masa rencana aksi selama 40 hari (dapat dilengkapi dengan infografis).
            2. file dalam format pdf.
          • Video dan file gagasan rencana aksi 40 hari diunggah melalui tautan:
          • https://bit.ly/Formulir_Unggah_FileVideo_Gagasan 
        2. Semua tim yang sudah melakukan pendaftaran dan mengirimkan gagasan ke panitia otomatis akan maju ke tahapan pelaksanaan aksi 40 hari.
        3. Panitia akan menunjuk pendamping lomba untuk mendampingi setiap tim selama proses pelaksanaan aksi. Pendamping lomba bertugas memberikan pendampingan teknis kepada peserta lomba jika ditemukan kendala selama melaksanakan aksi. Selain itu, pendamping lomba bertugas melakukan monitoring dan penilaian implementasi dari rencana aksi melalui Google Classroom. Proses monitoring dan penilaian dilaksanakan setiap akhir pekan dalam rentang waktu 40 hari.
        4. Setelah menyelesaikan aksi 40 hari, setiap tim wajib melakukan pelaporan pelaksanaan aksi dalam bentuk laporan akhir dan video kegiatan aksi. Laporan akhir paling sedikit berisikan latar belakang dan tujuan pelaksanaan aksi, deskripsi pelaksanaan aksi, pembahasan dan dampak aksi, serta simpulan dan rekomendasi. Adapun video kegiatan aksi berdurasi 10-15 menit yang isinya sejalan dengan laporan akhir.
        5. Panitia akan memilih 15 tim dengan skor tertinggi untuk masuk ke babak Grand Final. Tim yang masuk ke babak Grand Final akan melakukan presentasi hasil aksinya di hadapan juri. Selanjutnya juri akan menentukan lima sekolah dengan skor tertinggi sebagai pemenang lomba.

Lini Masa Kegiatan

KegiatanTanggal Penting
Pendaftaran Lomba15 September - 5 Oktober 2024
Pelatihan Guru Pendamping10 - 20 Oktober 2024
Pengiriman Video dan File Gagasan21 - 27 Oktober 2024
Penjelasan Teknis Perlombaan30 Oktober 2024
Implementasi Aksi (40 Hari)1 November - 10 Desember 2024
Unggah Laporan Akhir (Video dan Laporan Tertulis)11 - 15 Desember 2024
Penilaian Juri untuk memilih 15 tim terbaik16 - 20 Desember 2024
Babak Grand Final: Presentasi Hasil8 Januari 2025
Pengumuman Pemenang10 Januari 2025

Hadiah Pemenang

Juara 1 : Rp. 5.000.000,-

Juara 2 : Rp. 4.000.000,-

Juara 3 : Rp. 3.000.000,-

Harapan 1 : Rp. 2.000.000,-

Harapan 2 : Rp. 1.000.000,-


Mari bersama, kita berkontribusi dalam menjaga bumi untuk generasi mendatang.


Informasi lebih lanjut mengenai lomba dan kegiatan dapat menghubungi panitia melalui email: lombaesdindonesia@gmail.com