40 Days Challenge for Sustainability: UPTD SMPN Satap 9 Barru

18-03-2023
esd

Pelaksanaan lomba 40 Days Challenge for Sustainability sudah berlangsung!

Kini, para peserta mulai melaksanakan implementasi ide dari rancangan-rancangan yang telah mereka buat sebelumnya. Pemantauan dan penilaian oleh pihak penyelenggara pun mengiringi perjalanan peserta untuk empat puluh hari ke depan. Dari puluhan sekolah yang mengikuti lomba 40 Days Challenge for Sustainability, UPTD SMPN Satap 9 Barru adalah salah satunya. Sekolah ini mengikutsertakan sepuluh orang siswa hebat yang tergabung dalam sebuah tim kompak, yang dibimbing tiga orang guru. Yuk, kita berkenalan dengan mereka!

UPTD SMPN Satap 9 Barru berdiri sejak tahun 2011. Peserta didik saat ini berjumlah 79 siswa, dengan jumlah Tenaga Pendidik 13 orang dan Tenaga Kependidikan 5 orang. Sekolah ini berlokasi di Dusun Buttue, Desa Garessi, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan, dan berjarak sekitar 100 km sebelah Utara Kota Makassar. UPTD SMPN Satap 9 bersatu dengan tempat yang sama dengan SDN 42 Barru. Lingkungan sekolah berada di sekitar pesisir laut sebelah Barat Kabupaten Barru, sehingga sebagian besar masyarakat di sini bermata pencaharian nelayan.


Itulah profil dari UPTD SMPN Satap 9 Barru yang berasal dari Sulawesi Selatan, sebagai salah satu peserta lomba 40 Days Challenge yang diadakan oleh ESD Indonesia. Penasaran dengan kegiatan apa yang diupayakan sekolah ini untuk menyelamatkan bumi dan mendukung pendidikan dalam bingkai pembangunan berkelanjutan? Bagaimana perjuangan dalam melaksanakan prosesnya? Bagaimana bentuk hasil akhirnya? Ikuti terus perkembangannya di media sosial ESD Indonesia!


Penulis: Pohaci Puspa Nuwangi