40 Days Challenge for Sustainability: SMP Negeri 1 Gegerbitung

26-03-2023
esd

40 Days Challenge for Sustainability sedang berlangsung nih!

Seluruh peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia sudah mulai mengimplementasikan program-program keberlanjutan mereka. Salah satu peserta kita berasal dari Kabupaten Sukabumi nih, yaitu SMP Negeri 1 Gegerbitung. Yuk kita lihat profilnya!

SMP Negeri 1 Gegerbitung merupakan sekolah negeri pertama di Kecamatan Gegerbitung. Sekolah ini beralamat di Jalan Pramuka 180 Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. SMP Negeri 1 Gegerbitung berdiri sejak tahun 1986 di atas tanah seluas ± 1,2 hektar. Saat ini SMP Negeri 1 Gegerbitung memiliki 20 ruang kelas, laboratorium komputer, laboratorium IPA, ruang seni, masjid, toilet, lapangan, dan taman yang cukup luas.


Pada tahun ini, SMP Negeri 1 Gegerbitung sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada level mandiri belajar. Untuk tahun pelajaran yang akan datang, SMP Negeri 1 Gegerbitung rencananya akan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada level mandiri berubah.

Visi dari sekolah ini yaitu “Menciptakan warga sekolah yang terampil, rajin, dan berprestasi (TERATAS) di bidang akademik, umum, dan agama”. Saat ini SMP Negeri 1 Gegerbitung dipimpin oleh Bapak Drs. H. Kartum, M.Pd. Kepala sekolah yang didukung oleh pendidik dan tenaga kependidikan yang berpengalaman, terlatih, dan profesional terus berusaha untuk mewujudkan visi sekolah. Hal inilah yang mengantarkan siswa dan siswi SMP Negeri 1 Gegerbitung meraih juara pada berbagai perlombaan akademik maupun non akademik di tingkat komisariat, kabupaten, hingga provinsi. Tidak hanya itu, kegiatan pembentukan karakter menjadi program andalan di sekolah ini.

Nah itu dia profil singkat tentang SMP Negeri 1 Gegerbitung. Seperti apa program keberlanjutan mereka? Bagaimana progresnya? Keseruan apa saja yang mereka alami selama menjalani tantangan ini? Yuk ikuti terus perkembangan mereka melalui media sosial ESD Indonesia!


Penulis: Aisyah Zumira