AKSI NYATA PROYEK ESD SMP ISLAM NURUL FIKRI BOARDING LEMBANG

25-06-2024
esd

Rangkaian Pembelajaran IPA berbasis ESD telah dilaksanakan di SMP Islam Nurul Fikri Boarding School Lembang, sebagai salah satu dari 49 sekolah yang mengikuti Workshop Pembelajaran IPA berbasis ESD. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh UPI Bandung yang dibimbing langsung oleh Prof. Dr. Ari Widodo, M.Ed, Prof. Dr. Ida Kaniawati, M.Si, serta Eliyawati, M.Pd. Kegiatan workshop tersebut menjadi suatu pengalaman pembelajaran yang menyenangkan bagi guru dan peserta didik dalam memberikan pemahaman kepada peserta didik.


Gambar 1. Dokumentasi saat lesson study

Pembelajaran pada topik perubahan iklim menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning. Dalam kegiatannya, peserta didik menganalisis dan menentukan solusi dari masalah yang ada di lingkungan sekitar, juga masalah lingkungan yang lebih luas.

Kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas, peserta didik juga mengajak semua warga sekolah termasuk sekolah sekitar, yaitu SMPN 4 Lembang untuk mengikuti aksi ramah lingkungan dengan tema kegiatan One Month for Our Nature. Ada beberapa aksi yang dilakukan, yaitu:

  1. Kampanye aksi jalan kaki ke tempat kerja, mini market, dan ke tempat ibadah sholat Ied.
  2. Menggunakan transportasi umum untuk berpergian.
  3. Bercocok tanam dengan sistem hidroponik.
  4. Membuat eco-brick dari botol dan sampah plastik.
  5. Melaksanakan program rutin hari tanpa sampah plastik.
  6. Membuat alat water filter portable.
  7. Membuat panel surya.
  8. Membuat Mini Chimney, alat pengolah sampah plastik menjadi energi listrik.

Gambar 2. (a) Mini Chimney; (b) Water Filter Portable; dan (c) panel surya.

Berbagai kegiatan ini memberikan pengalaman yang baik dan berharga bagi warga sekolah, terutama peserta didik, mengenai ilmu lingkungan dan pengurangan emisi gas rumah kaca.


Gambar 3. (a) Kegiatan siswa membawa bekal dari rumah di hari tanpa sampah plastik; (b) Bercocok tanam dengan sistem hidroponik.


Penulis: Nur Afifah, S.Pd, Gr.
Editor: Esa Difny N. Nusantari, S.Pd