40 Days Challenge for Sustainability: MTs Darul Arqam Putra, Garut

10-03-2023
esd

Pelaksanaan lomba 40 Days Challenge for Sustainability sudah berlangsung!

Kini, para peserta mulai melaksanakan implementasi ide dari rancangan-rancangan yang telah mereka buat sebelumnya. Pemantauan dan penilaian oleh pihak penyelenggara pun mengiringi perjalanan peserta untuk empat puluh hari ke depan. Dari puluhan sekolah yang mengikuti lomba 40 Days Challenge for Sustainability, MTs Darul Arqam Putra adalah salah satunya. Sekolah ini mengikutsertakan sepuluh orang siswa hebat yang tergabung dalam sebuah tim kompak, yang dibimbing seorang guru. Yuk, kita berkenalan dengan mereka!

MTs Darul Arqam Putra adalah sebuah madrasah yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Madrasah ini berada dalam naungan Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut, yang memiliki sejarah panjang sebagai lembaga pendidikan Islam yang berkomitmen untuk mencetak generasi-generasi muda yang cerdas, berakhlak mulia, dan mampu berkontribusi untuk masyarakat dan bangsa. MTs Darul Arqam Putra didirikan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan bagi para santri putra di lingkungan pondok pesantren tersebut.

Sebagai sebuah madrasah, MTs Darul Arqam Putra memiliki visi untuk menjadi madrasah unggulan yang berkontribusi dalam pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Selain itu, madrasah ini juga memiliki visi untuk ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan alam sekitar. Visi tersebut sejalan dengan komitmen keberlanjutan yang dipegang oleh Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut. Dengan berbagai program yang digulirkan, MTs Darul Arqam Putra berusaha untuk mencetak generasi muda yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan, agar dapat berkontribusi dalam menjaga keasrian lingkungan sekitar.


Bapak A. Hasan, S.Ag. adalah kepala madrasah saat ini yang mengemban tugas untuk memimpin MTs Darul Arqam Putra menuju kesuksesan. Beliau memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kesejahteraan santri, serta mendorong MTs Darul Arqam Putra untuk semakin aktif dalam ikut menjaga lingkungan. Dengan dukungan dari para pengurus dan dewan guru, Bapak A. Hasan, S.Ag. berusaha untuk memperkuat posisi MTs Darul Arqam Putra sebagai madrasah unggulan yang tidak hanya berkualitas di bidang akademik, tetapi juga peduli terhadap isu-isu lingkungan yang semakin mendesak untuk diatasi.

Itulah profil dari MTs Darul Arqam Putra yang berasal dari Garut, sebagai salah satu peserta lomba 40 Days Challenge yang diadakan oleh ESD Indonesia. Penasaran dengan kegiatan apa yang diupayakan sekolah ini untuk menyelamatkan bumi dan mendukung pendidikan dalam bingkai pembangunan berkelanjutan? Bagaimana perjuangan dalam melaksanakan prosesnya? Bagaimana bentuk hasil akhirnya? Ikuti terus perkembangannya di media sosial ESD Indonesia!


Penulis: Pohaci Puspa Nuwangi