7 AKSI GERMAT PROYEK ESD DI SMPN 1 CIMAHI

31-05-2024
esd


(29/5/2024) Rangkaian Pembelajaran IPA berbasis ESD telah dilaksanakan di SMPN 1 Cimahi sebagai salah satu dari 49 sekolah yang mengikuti Workshop Pembelajaran IPA berbasis ESD. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh UPI Bandung dan dimbimbing langsung oleh Prof. Dr. Ari Widodo, M.Ed, Prof. Dr. Ida Kaniawati, M.Si, dan Eliyawati, M.Pd. Kegiatan workshop tersebut menjadi suatu pengalaman pembelajaran yang menyenangkan bagi guru dan siswa serta memberikan pemahaman yang baik untuk siswa.

Pada kegiatan pembelajaran IPA berbasis ESD ini, saya sebagai guru IPA melaksanakan pembelajaran IPA dengan melaksanakan 2 kegiatan proyek berbasis ESD, diantaranya:

1. Pembelajaran menggunakan Podcast

Materi Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim dengan lingkup materi: global warming, hujan asam, efek rumah kaca, dan emisi karbon diajarkan menggunakan podcast. Selanjutnya, siswa menerapkan pemahamannya dengan menghitung emisi karbon serta membuat poster.


2. Pembelajaran menggunakan MONOLIPA

Materi Pencemaran Lingkungan dengan lingkup materi: pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran suara diajarkan menggunakan media permainan Monolipa (Monopoli IPA). Siswa juga melakukan pembelajaran berbasis PBL (Project Based Learning) dengan kegiatan proyek yang terdiri dari pemilahan sampah, penggunaan tumbler, pembuatan eco enzyme, dan pembuatan kompos daun. Siswa juga membuat flyer dan artikel sebagai hasil karyanya. Pembelajaran proyek ESD ini didukung oleh Kepala SMPN 1 Cimahi Ibu Sri Mulyaningsih, M.Pd dalam pembicaraannya terkait pengelolaan sampah di sekolah.


Sebagai akhir dari rangkaian pembelajaran berbasis SDGs mengenai Climate Action, Reduced Inequalities, dan Quality Education, siswa melakukan 7 aksi proyek GERMAT (Gerakan Olah Sampah dengan Cermat). Hal ini dilakukan sebagai bentuk penerapan pemahaman siswa di lingkungan sekolah dan rumah. Berikut ini berbagai kegiatan 7 aksi proyek GERMAT:

  1. OMPIMPAH (Omat Pilah Sampah, ed: Omat artinya Ingat dalam Bahasa Sunda) dengan artikel “Projek Ompimpah di SMP Negeri 1 Cimahi sebagai Solusi Mengubah Budaya”
  2. KOMPOS-GO dengan artikel “Kompos Go menjadi Solusi Sampah di SMPN 1 Cimahi”
  3. Tumbler Ku dengan artikel “Projek Solusi Penanganan Pencemaran Tanah di SMP Negeri 1 Cimahi”
  4. GO-Carbon dengan artikel “Peran SMPN 1 Cimahi dalam Upaya Mengurangi Emisi Karbon”
  5. Enzi-GO dengan artikel “Projek Manfaat dan Dampak Eco Enzim di SMPN 1 Cimahi”
  6. ASREE (Air Sehat Gree One) dengan artikel “SMPN 1 Cimahi Produksi Air Minum Sendiri?”
  7. Jelantah Ku dengan artikel “Jelantah Ku Masa Depanku”



Penulis : Ibu Titin Supriatin, guru IPA di SMPN 1 Cimahi.

Editor : Esa Difny N. Nusantari