40 Days Challenge for Sustainability: SMP Negeri 33 Surabaya

13-03-2023
esd
Semakin hari, keadaan Bumi semakin memprihatinkan. Akivitas manusia yang tidak terkendali membuat kondisi Bumi semakin buruk. Namun, bukan berarti harapan itu tidak ada. Melalui lomba 40 Days Challenge for Sustainability, kita semua dapat melihat bahwa masih banyak harapan yang berpijar terang. Masih banyak pembelajar yang peduli, mau mengorbankan waktu, tenaga, dan pemikirannya, menerapkan ilmunya untuk menjaga Bumi agar tetap lestari. Salah satunya adalah SMP Negeri 33 SurabayaSMP Negeri 33 Surabaya yang berada di Jawa Timur ini mencatatkan sedikitnya 4 pembimbing dan 28 siswa untuk berpartisipasi dalam 40 Days Challenge for Sustainability. Keren, ya!



SMP Negeri 33 Surabaya memiliki salah satu visi yaitu sekolah peduli lingkungan. Untuk mewujudkan hal tersebut peserta didik diajak bergerak, tergerak, dan menggerakkan untuk peka dan peduli terhadap isu lingkungan. SMP Negeri 33 Surabaya sebagai salah satu sekolah di perkotaan membimbing peserta didik agar memiliki soft skill peduli lingkungan, tidak heran SMP Negeri 33 Surabaya juga menjadi sekolah adiwiyata. Untuk mewujudkan visi dan misi ini peserta didik aktif dalam mengembangkan skill urban farming. Sekolah memfasilitasi berbagai lahan seperti greenhouse dan hutan sekolah dan kolam ikan lele sebagai sarana urban farming untuk menuju lingkungan yang asri, sehat dan peduli iklim. Sebuah langkah yang bagus yang dilakukan SMP Negeri 33 Surabaya untuk membelajarkan bagaimana supaya peserta didik dapat belajar dan menyadari bahwa siapapun kita, perlu ikut ambil peran dalam merawat Bumi.



Itulah profil dari SMP Negeri 33 Surabaya yang berasal dari wilayah timur pulau terpadat di Indonesia, sebagai salah satu peserta lomba 40 Days Challenge yang diadakan oleh ESD Indonesia. Penasaran dengan kegiatan apa yang diupayakan sekolah ini untuk menyelamatkan bumi dan mendukung pendidikan dalam bingkai pembangunan berkelanjutan? Bagaimana perjuangan dalam melaksanakan prosesnya? Bagaimana bentuk hasil akhirnya? Ikuti terus perkembangannya di media sosial ESD Indonesia! Panjang umur hal-hal baik. Semoga semangat kita untuk merawat Bumi terus membara ya, teman-teman!

Penulis: Nabila Tazkia