Pengumuman Pemenang Lomba 40 Days Challenge for Sustainability

27-05-2023
esd

Lomba 40 Days Challenge for Sustainability mencapai penghujung kegiatan. Setelah proses, perjuangan, dan penantian yang tidak main-main, lima sekolah juara akhirnya diumumkan. Keputusan juri bersifat mutlak dan didasakan dari akumulasi nilai yang didapatkan peserta selama konsisten melakukan aksinya, sekaligus penyajian presentasi oleh tim dari 13 besar sekolah pada Grand Final pekan lalu. Sementara hari ini, 27 Mei 2023, pukul 08.00 WIB, telah diadakan virtual meeting yang dihadiri oleh sejumlah panitia, ketiga juri utama lomba, donatur, dan perwakilan finalis—baik siswa maupun guru pendamping. Ini merupakan pertemuan terakhir yang juga menandakan berakhirnya Lomba 40 Days Challenge for Sustainability secara resmi.

Ketua ESD Indonesia sekaligus salah satu juri lomba, Prof.Dr. phil. Ari Widodo, M.ed., memberikan sambutannya sebelum para pemenang terungkap. Beliau mengapresiasi seluruh tim dari berbagai sekolah yang telah mengerahkan tenaga, waktu, dan materi mereka untuk ikut berkontribusi dalam menghadapi, mengurangi, dan mengatasi fenomena perubahan iklim. Kerja keras pihak-pihak yang terlibat sudah pasti berguna; bentuk nyata aksi menyelamatkan bumi kita yang hanya satu-satunya.

Berbagai dampak yang mulai terasa dan peristiwa-peristiwa yang mengancam di masa depan tidak lupa dikemukakan, untuk tetap memotivasi para hadirin agar api semangat untuk menjadi agen perubahan di masing-masing hati bisa terus menyala dalam jangka waktu yang panjang. Sebagai penutup, beliau memberikan kata-kata yang bijaksana dan menenangkan, agar seluruh peserta berbesar hati menerima apa pun yang terjadi setelah pengumuman pemenang. Karena bagaimanapun, dalam sebuah kompetisi pastilah ada yang menang dan kalah, meskipun apa yang telah dilaksanakan semuanya bagus dan bermanfaat.

Pembacaan nama-nama sekolah pemenang dilakukan oleh juri lainnya, Dr. Rini Solihat, M.Si. Berikut adalah daftar pemenang Lomba 40 Days Challenge for Sustainability yang diadakan oleh ESD Indonesia:

 

Juara 1: SMAN 12 Surabaya

Juara 2: SMAN 2 Situbondo

Juara 3: SMPN 33 Surabaya

Juara Harapan 1: SMAN 2 Bae Kudus

Juara Harapan 2: SMPK Bethel Sulung Surabaya

 

Semua juara mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan. Sementara itu, juara 1, 2, dan 3 yang tiga-tiganya kebetulan berasal dari Jawa Timur mendapatkan piala penghargaan yang akan diserahkan secara langsung di UNESA oleh perwakilan ESD Indonesia yang juga merupakan juri lomba ini, yakni Dr. Eko Hariyono, S.Pd., M.Pd., dengan waktu tentatif.

Dengan begitu, kami; panitia, juri, dan anggota organisasi ESD Indonesia mengucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga apa yang telah didapatkan menjadi pendorong untuk meneruskan aksi-aksi hebat yang prolingkungan dan memperluas jangkauan kegiatan. Selain itu, kami pun berharap agar para peserta yang belum menjadi pemenang pada lomba ini untuk tidak menyerah. Semoga hasil tersebut menjadi pengalaman berharga sekaligus lecutan semangat untuk terus terlibat dengan maksimal dalam berbagai aksi yang bertujuan untuk menyelamatkan ‘rumah’ kita dari perubahan iklim.

Salam perjuangan!

Penulis : Pohaci Puspa Nuwangi
Editor : Esa Difny N. Nusantari