Pelaksanaan Pelatihan Guru Pendamping 40 Days Challenge for Sustainability

20-10-2024
esd
Pekan ini, telah dilaksanakan pelatihan bagi guru-guru pendamping dari sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan 40 Days Challenge for Sustainability 2024. Tujuan pelatihan adalah untuk menyamakan persepsi kepada guru yang akan mendampingi siswanya selama masa kegiatan aksi 40 hari di waktu yang akan datang.

Pelatihan guru pendamping dilaksanakan selama 2 hari melalui platform Zoom Meeting. Pelaksanaan pelatihan dibagi ke dalam 2 kelas dan 4 sesi, dengan rincian sebagai berikut:
  1. Kelas Klasikal dilaksanakan pada Sabtu, 19 Oktober 2024 dengan jumlah total peserta yang hadir sebanyak 97 guru pendamping. Materi yang disampaikan pada kelas ini adalah landasan dasar kegiatan yang juga berupa tema besar 40 Days Challenge for Sustainability, yakni kompetensi ESD, kemampuan berpikir masa depan, dan kemampuan berpikir strategis. Pertemuan terdiri dari satu sesi yang dinamai Sesi 1. Pembicara pada pematerian tersebut merupakan salah satu penggagas ESD Indonesia, Prof. Dr. phil. Ari Widodo, M.Ed. 
  2. Kelas Kelas Paralel terdiri dari tiga sesi, yakni Sesi 2, Sesi 3, dan Sesi 4. Sesi 2, yaitu Kelas Forecasting, dilaksanakan di hari yang sama dengan Kelas Klasikal. Pelaksanaan Kelas Forecasting dihadiri oleh 34  guru. Sesi selanjutnya, yakni Sesi 3, adalah Kelas Skenario yang dihadiri oleh 30 guru. Terakhir, Sesi 4 yaitu Kelas Backcasting, dihadiri oleh 33 guru. Pematerian pada Sesi 3 dan 4 dilaksanakan di hari Minggu, 20 Oktober 2024. Pemateri di Kelas Paralel merupakan ketua pelaksana 40 Days Challenge for Sustainability 2024, Suhendar Somawijaya, M.Pd. Pada pelaksanaan pelatihan tersebut, disampaikan pula mengenai penjelasan teknis lomba.


Guru pendamping yang tidak mengikuti pelatihan secara lengkap akan tetap mendapatkan informasi dari video rekaman Zoom Meeting yang dibagikan panitia. Selain itu, modul ajar akan dibagikan pula sebagai panduan bagi para guru pendamping.

Ikuti terus berita terbaru dari 40 Days Challenge for Sustainability di web https://esdindonesia.id dan media sosial ESD Indonesia! Semangat menyongsong masa depan yang terhindar dari dampak buruk perubahan iklim!


Penulis: Ayudya

Editor: Pohaci