LOMBA PENANGGULANGAN PERUBAHAN IKLIM ANTAR SMP/MTs/SMA/MA SE-INDONESIA

17-09-2024
esd

Selamat datang di "40 Days Challenge for Sustainability: Menjelajah Masa Depan untuk Menciptakan Solusi Inovatif Penanggulangan Perubahan Iklim".

Setelah sukses dalam penyelenggaraan 40 Days Challenge for Sustainability pada tahun 2023, Gerakan ESD Indonesia kembali menggelar kompetisi 40 Days Challenge for Sustainability pada tahun 2024 ini. Tujuan kompetisi ini untuk meningkatkan kesadaran dan aksi nyata siswa SMP dan SMA/sederajat di seluruh Indonesia dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

Peserta 40 Days Challenge for Sustainability 2023 sangat luar biasa, dengan melibatkan 657 siswa dan 84 guru pembimbing dari 37 kota/kabupaten di 11 provinsi. Selain itu, sebanyak 53 sekolah yang berinisiatif dalam program ini menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap isu perubahan iklim.

Pada tahun ini, kami mengundang lebih banyak siswa dan guru untuk bergabung dalam lomba 40 Days Challenge for Sustainability  tahun 2024. Kompetisi ini mengajak siswa untuk berpikir strategis dan berinovasi dalam menciptakan solusi penanggulangan perubahan iklim yang konkret dan berkelanjutan. Setiap peserta akan mendapatkan kesempatan untuk mengeksplorasi ide-ide kreatif dan berkontribusi nyata dalam upaya mengurangi emisi karbon, pengelolaan sumber daya alam, mitigasi bencana, hingga adaptasi terhadap perubahan iklim.

Tujuan Kegiatan 

Tujuan kegiatan ini adalah menumbuhkan kesadaran dan aksi nyata siswa SMP dan SMA/sederajat dalam menciptakan solusi inovatif penanggulangan perubahan iklim.

Sasaran/Target Peserta

Sasaran/target peserta dari kegiatan ini adalah:

1.     Guru se Indonesia sebagai Pembimbing Lomba

2.     Siswa SMP dan SMA/sederajat se Indonesia



Tahapan Kegiatan Lomba

Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu :

1.     Pendaftaran Peserta Lomba

a.     Setiap sekolah diwakili oleh satu tim beranggotakan minimal 10 siswa dan minimal satu orang guru pembimbing. Setiap tim wajib melakukan pendaftaran dengan melampirkan surat tugas dari kepala sekolah.

b.     Bersedia mengikuti sosial media ESD Indonesia dan dibuktikan dengan tangkapan layar (screenshot) yang diunggah pada saat mengisi form pendaftaran.

1)    Mengikuti Instagram: https://instagram.com/esdindonesia 

2)    Subscribe Youtube: https://www.youtube.com/@gerakanesdindonesia

c.     Mengisi formulir pendaftaran yang dapat diakses pada tautan: https://bit.ly/Lomba_Gerakan_ESD_Indonesia     

 

2.     Pelatihan Guru sebagai pembimbing lomba

Perlombaan dimulai dengan pelatihan bagi guru yang akan menjadi pembimbing lomba. Guru akan dilatih menggunakan teknik pembelajaran berorientasi masa depan menggunakan teknik forecasting, skenario, dan backcasting untuk melatihan keterampilan berpikir masa depan dan strategis kepada siswa. Luaran dari pelatihan ini adalah modul ajar siswa terkait proyek penanggulangan perubahan iklim. Guru dibimbing dalam menyusun modul ajar siswa untuk diimplementasikan di kelas. Proses pembelajaran di dalam kelas wajib didokumentasikan dalam bentuk video sebagai bagian tak terpisahkan dari kegiatan lomba.

 

3.     Pelaksanaan proyek 40 hari

Guru yang telah mendapatkan pelatihan akan membimbing siswa dan membentuk tim untuk melaksanakan proyek 40 hari yang akan diikutsertakan dalam lomba.

a.     Setiap tim menyusun gagasan inovatif sesuai dengan tema lomba. Gagasan yang dikemukakan harus memiliki tujuan yang ingin dicapai berorientasi ke masa depan, menunjukkan kebaruan ide, kebermanfaatan, keterlibatan berbagai pihak, dan keberlanjutan. Gagasan disampaikan dalam dua bentuk yaitu:

1)    Video presentasi (durasi maksimal 5 menit) berisi perkenalan diri, gagasan dan rencana aksi.

2)    Ringkasan gagasan (executive summary) dengan ketentuan:

a)    diketik dalam satu lembar kertas ukuran A4 berupa ringkasan gagasan dan rencana aksi yang dilengkapi lini masa rencana aksi selama 40 hari (dapat dilengkapi dengan infografis)

b)    file dalam format pdf.

Video dan File gagasan rencana aksi 4o hari diunggah melalui tautan: https://bit.ly/Formulir_Unggah_FileVideo_Gagasan

b.     Semua tim yang sudah melakukan mendaftaran dan mesngirimkan gagasan ke panitia, otomatis akan maju ke tahapan pelaksanaan aksi 40 hari.

c.     Panitia akan menunjuk pendamping lomba untuk mendampingi setiap tim selama proses pelaksanaan aksi. Pendamping lomba bertugas memberikan pendampingan teknis kepada peserta lomba jika ditemukan kendala selama melaksanakan aksi. Selain itu, pendamping lomba bertugas melakukan monitoring dan penilaian implementasi dari rencana aksi melalui Google Classroom . Proses monitoring dan penilaian dilaksanakan setiap akhir pekan dalam rentang waktu 40 hari.

d.     Setelah menyelesaikan aksi 40 hari, setiap tim wajib melakukan pelaporan pelaksanan aksi dalam bentuk laporan akhir dan video kegiatan aksi. Laporan akhir paling sedikit berisikan latar belakang dan tujuan pelaksanaan aksi, deskripsi pelaksanaan aksi, pembahasan dan dampak aksi, serta simpulan dan rekomendasi. Adapun video kegiatan aksi berdurasi 10-15 menit yang isinya sejalan dengan laporan akhir.

e.     Panitia akan memilih 15 tim dengan skor tertinggi untuk masuk ke babak grand final. Tim yang masuk ke babak grand final akan melakukan presentasi hasil aksinya di hadapan juri. Selanjutnya juri akan menentukan lima sekolah dengan skor tertinggi sebagai pemenang lomba.

 

Lini masa kegiatan

Kegiatan

Tanggal penting

Pendaftaran Lomba

15 September-5 Oktober 2024

Pelatihan Guru Pendamping

10-20 Oktober 2024

Pengiriman video dan file gagasan

21-27 Oktober 2024

Penjelasan teknis perlombaan

30 Oktober 2024

Implementasi aksi (40 hari)

1 November - 10 Desember 2024

Unggah laporan akhir (video dan laporan tertulis)

11-15 Desember 2024

Penilaian Juri untuk memilih 15 tim terbaik

16-20 Desember 2024

Babak Grand Final: Presentasi hasil

8 Januari 2025

Pengumunan Pemenang

10 Januari 2025

 

 Hadiah Pemenang

Juara 1 Rp. 5.000.000

Juara 2 Rp. 4.000.000

Juara 3 Rp. 3.000.000

Harapan 1 Rp. 2.000.000

Harapan 2 Rp. 1.000.000

 

Mari bersama, kita berkontribusi dalam menjaga bumi untuk generasi mendatang. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi panitia melalui emai: lombaesdindonesia@gmail.com